Halaman

Jumat, 18 Januari 2013

BISNIS ONLINE SHOP BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI


ARTIKEL


Era modern di jaman sekarang ini sedang marak yang namanya berbisnis, terutama Bisnis Online Shop. Bisnis Online Shop itu sendiri bermacam-macam dari mulai fashion wanita, fashion pria, handphone. Sampai franschise pun sekarang ada yang berbentuk online shop. Bisnis Online Shop adalah bisnis yang berbasis teknologi informasi. Mengapa? Karena sesuai dengan namanya, yaitu Online, berarti menggunakan sistem atau teknologi informasi berbasis jaringan, aplikasi-aplikasi dan internet.
Bisnis Online Shop adalah bisnis yang dibangun dan dikembangkan melalui sebuah jaringan internet dengan menggunakan teknologi sistem informasi seperti smartphone, website atau aplikasi media sosial seperti facebook, twitter, blog dan lain sebagainya.
Pengembangan Bisnis Online Shop
Pada Bisnis Online Shop untuk membangun, membuat, dan mengembangkan Bisnis Online Shop itu sendiri setidaknya harus memiliki aplikasi pendukung seperti sosial media atau website sebagai sarana untuk berwirausaha atau membangun toko via online. Aplikasi-aplikasi sosial media itu sendiri bisa berupa facebook, twitter, blog dan lain sebagainya. Bisnis Online Shop ini pun selain bisa dibuat dan dibangun dengan menggunakan sosial media juga bisa dibangun dengan menggunkan jaringan seperti website dan juga bisa dibangun dengan menggunakan aplikasi smartphone seperti BlackBerry Messenger (bbm).
Pendukung Bisnis Online Shop
Seperti yang sudah dijelaskan dibagian sebelumya, Bisnis Online Shop setidaknya harus memiliki aplikasi, jaringan dan smartphone pendukung seperti facebook, twitter, blog, website, dan blackberry messenger (bbm).
Berikut akan dijelaskan sedikit mengenai aplikasi-aplikasi sosial media pendukung bisnis online shop seperti  facebook, twitter, blog, website, dan blackberry messenger (bbm) tersebut.
Aplikasi Sosial Media – Facebook
Aplikasi sosial media seperti facebook ini dapat dipakai untuk membangun dan mengembangkan Bisnis Online Shop , karena dari facebook yang memiliki aplikasi seperti facebook fanpage atau dari pertemanan di facebook kita dapat membangun sebuah toko berbasis online. Selain itu facebook memiliki akses jaringan yang sangat luas bahkan sampai luar negara yang dapat mempermudah siklus jual-beli toko Online Shop ini tersebar dan diketahui orang banyak.
Aplikasi Sosial Media – Twitter
Aplikasi sosial media seperti twitter ini digunakan untuk mencari followers atau pengikut sebanyak-banyaknya. Dalam Bisnis Online Shop ini sangat dibutuhkan followers atau pengikut yang banyak agar masyarakat dapat mengetahui produk atau Bisnis Online Shop apa yang kita punya demi menunjang berkembangnya Bisnis Online Shop yang kita bangun.
Aplikasi Sosial Media – Blog
Aplikasi sosial media seperti blog ini dapat digunakan untuk menulis atau memposting tentang produk Bisnis Online Shop yang kita punya, untuk ngeblog itu sendiri kita harus kreatif dalam menulis dan memposting produk agar toko online shop menarik untuk dilihat dan dikunjungi oleh masyarakat dari dalam dan luar negara.
Jaringan – Website
Jaringan seperti website ini sangat dibutuhkan jika kita ingin Bisnis Online Shop kita lebih dikenal oleh orang banyak. Karena dengan sebuah website itu sendiri kita memakai jaringan yang luas bahkan sampai keluar Negara juga karena dengan memiliki sebuah website masyarakat dapat lebih mudah mengakses nama toko online shop tersebut jika mereka mencarinya di sebuah web browsing. Percantik website yang dimiliki dengan memasukkan isi textual yang menarik untuk dibaca, dilihat, dan dikunjungi. Semakin banyak website kita dikunjungi, semakin naik rating atau peringkat toko Online Shop kita di internet, bahkan mungkin bisa mencapai nomor 1 di google.  Semakin naik website Bisnis Online Shop semakin banyak pula yang melakukan akses ke toko online shop itu sendiri dalam melakukan jual-beli.
Smartphone – BlackBerry Messenger (BBM)
Smartphone seperti blackberry tak kalah bagus dengan facebook, twitter atau pun website untuk sebuah Bisnis Online Shop. Justru terkadang dengan menggunakan aplikasi pada smartphone blackberry ini seperti bbm dapat meningkatkan omzet penjualan yang cukup tinggi untuk sebuah Bisnis Online Shop. Penjualan lewat bb mini dapat berupa membuat group di bbm dan memposting produk yang dimiliki kedalamnya juga bisa dengan cara mengganti-ganti display picture.
Itulah sedikit tulisan mengenai Bisnis Online Shop Berbasis Teknologi Informasi yang sedang marak sekarang ini. Selamat membaca dan semoga bemanfaat. Bagi yang sudah punya Bisnis Online Shop semoga semakin sukses dengan Bisnis Online Shop nya ya.