Halaman

Senin, 10 Januari 2011

Hilangnya Akal & Kesadaran ( Gila )

Apa yang Menyebabkan Seseorang Bisa Kehilanagan Kesadaran ( Gila ) ?

Seseorang mungkin dapat disebut dengan hilang akal atau kesadaran apabila kadar kesadarannya mungkin sudah terganggu atau karena jiwanya yang sedang terguncang .

Banyak Faktor yang dapat menyebabkan seseorang menjadi hilang akal atau kesadaran ( Gila ) diantaranya sebagai berikut :

  • Misalnya saja stress karena faktor himpitan ekonomi
- Hidup yang keras terutama dalam masalah ekonomi seperti mencari nafkah bisa menyebabakan seseorang menjadi putus asa jika orang tersebut susah untuk membangun ekonomi . orang tersebut bingung bagaimana cara agar ekonominya tidak menyusut bahkan lumpuh agar hidupnya tidak susah, dan tetap bisa mempertahankan kehidupannya . dan  Jika seseorang terlalu larut dalam keputus asaan bisa saja orang tersebut jadi frustasi , kemudian stress berkepanjangan , lalu orang tersebut bisa hilang akal dan kesadaran ( gila )
  • Bisa disebabkan oleh faktor karena memiliki masalah yang berat , serius , juga rumit !
- Dalam hidup tentunya manusia tidak terlepas dari masalah, ujian, maupun persoalan kehidupan . Nah, tinggal bagaimana cara kita saja untuk menghadapi masalah, ujian, dan persoalan tersebut . Masalah, ujian , dan persoalan sebaiknya dihadapi, dicari jalan keluar, solusi dan bagaimana cara untuk menyelesaikan masalah juga persoalan tersebut . Bukan malah dihindari dan dibiarkan menumpuk dan berlarut-larut. Karena menghindari masalah sangatlah tidak baik . Bukan malah mengclearkan suatu masalah dan menyelesaikannya melainkan akan memperkeruh sutau masalah atau persoalan tersebut . Dengan menghindar dari masalah kita hanya tenang untuk beberapa saat atau beberapa waktu saja . Karena jika masalah atau persoalan yang kita hadapi itu dihindari bisa menjadi sesuatu yang mengganggu pikiran diotak kita kemudian terkoneksi dengan perasaan/ rohani kita . Sehingga akhirnya rohani kita akan menjadi gelisah, tidak nyaman , dan tidak tenteram . Dengan demikian hidup kita juga menjadi tidak aman, seperti ada yang mengejar-ngejar yaitu si masalah ataupun persoalan yang belum diselesaikan tadi . Dengan rohani, jalan pikiran, dan hidup yang tidak nyaman yang dipicu oleh beban yang berat, rumit maupun serius tadi dan masalah itu tidak diselesaikan dapat menyebabkan seseorang menjadi stress, bahkan mungkin bisa hilang kesadaran maupun akal (gila). Oleh karena itu hindarilah lari dari masalah . Selesaikan setiap permasalahan dan persoalan dengan kepala dan hati yang dingin, dan memohon bantuan kepada Allaah Yang Maha Kuasa agar masalah kita bisa cepat terselesaikan sampai ke akarnya dan dapat teratasi dengan baik .
  • Bisa dipicu karena faktor kehilangan seseorang yang sangat dicintai , broken home, dsb .
- Faktor ini juga berdampak buruk pada kesehatan jasmani maupun rohani seseorang . Jika seseorang kehilangan sosok yang ia cintai dihidupnya bisa saja orang tersebut jadi terguncang jiwanya , males ngapa-ngapain seperti tidak mau makan , dsb . Hal ini dapat menyebabkan kesehatan jasmani dan rohani seseorang terganggu . Dilihat dari faktor Jasmani , apabila seseorang tidak mau makan, minum, dsb. itu dapat menyebabkan organ-organ yang ada ditubuhnya terganggu karena tidak mendapat asupan sehingga fungsi organ jadi menurun .  Sedangkan jika dilihat dari faktor rohani , akibat pikiran yang benar-benar mengganggu dapat menyebabkan seseorang terguncang jiwanya sehingga perasaan nya bisa ngedown ataupun bad mood , resah, gelisah, dsb. Jika berkepanjangan bisa saja menyebabkan seseorang menjadi stress karena rohaninya yang terguncang tadi . Sehingga mungkin bisa menyebabkan seseorang hilang akal , kesadaran (gila).

Oleh Karena Itu hindarilah hal-hal yang membuat hilangnya akal maupun kesadaran (gila) . Diantaranya seperti  :
  1. Jangan Putus Asa dan menyerah
  2. Hindari melarikan diri dari masalah maupun persoalan
  3. Jangan terlalu berlebihan dalam memikirkan sesuatu yang menyebabkan otak kita jadi berat untuk bekerja.
  4. Banyak-banyak lah beribadah
  5. Tawakkal . Seberat apapun masalah yang kita hadapi yakinlah bahwa Allaah Yang Maha Segalanya akan selalu mengeluarkan kita dari setiap masalah kita. Karena Dia Maha Kuasa Atas Segalanya .