Halaman

Selasa, 11 Januari 2011

Ikan Duyung

Ikan duyung adalah ikan yang khas karena makanannya adalah tumbuhan hijau yakni rerumputan .


Duyung atau ikan duyung adalah mamalia laut besar yang hampir serupa dengan manatee, ikan duyung bukanlah termasuk ke dalam bangsa ikan, ikan duyung adalah salah satu dari empat spesies yang hidup dari ordo sirenia atau sapi laut. Ikan duyung adalah salah satu hewan yang terancam punah sejak abad ke-18 karena banyak diburu untuk dikonsumsi.
Habitat hidup ikan duyung membentang di 37 negara di Indo-Pasifik, di sekitaran pesisir samudera hindia, pesisir negara-negara di asia tenggara, taiwan, pesisir utara benua australia hingga ke bagian barat kepulauan yang ada di oseania. Namun mayoritas duyung hidup dan banyak dijumpai di perairan utara Australia antara Shark bay dan teluk Moreton.
Ikan duyung dalam bahasa Inggris disebut dugong yang diserap dari bahasa tagalog dugong yang diambil dari kosa kata bahasa melayu duyung atau puteri duyung, yakni sosok fantasi dari makhluk yang berwajah cantik namun bertubuh layaknya tubuh seekor ikan.

Jika anda ingin melihat ikan duyung anda bisa melihatnya di tempat-tempat wisata seperti di sea world ( Taman Impian Jaya Ancol )

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Duyung