Halaman

Selasa, 11 Januari 2011

Franchise

Pernahkah anda pernah berfikir untuk memiliki sebuah aset ?? Namun anda bingung bagaimana cara untuk membangun aset dan sedangkan anda juga tidak memiliki keahlian dan pengalaman dalam berbisnis ? Nah jika memang benar demikian , mungkin salah satunya anda bisa mencoba usaha franchise untuk membangun aset anda dalam berbisnis .

Franchise merupakan salah satu sistem bisnis yang sedang membooming di Indonesia. Franchise ini tidak membutuhkan keahlian khusus untuk mengembangkannya. Karena untuk mengembangkannya kita hanya membutuhkan modal . Modalnya pun beragam dari nilai jutaan hingga milyaran rupiah .

Pengertian franchise sendiri adalah pemberian sebuah lisensi oleh suatu pihak (perusahaan maupun perorangan) sebagai pemberi franchise kepada penerima franchise .untuk berusaha menggunakan nama dagangannya dengan keseluruhan sistem bisnisnya .Pemberi franchise disebut dengan franchisor sedangkan penerima franchise disebut dengan franchisee.

Keuntungan dan Kelemahan dari franchise itu sendiri jika dilihat dari keunggulannya adalah memberikan kemudahan membangun aset dalam jaringan bisnis , pengembang bisnis pun tidak terlalu mahal dalam menyediakan modal , waktu pengembangannya lebih singkat , kerjasama antar wirausahawan lebih efektif karena mereka adalah orang-orang yang mau bekerja keras, dan menginvestasikan bisnisnya lebih serius dari pada pegawai biasa dsb .Bila kerugiannya antara lain ialah  kewenangan outlet ada ditangan si pemilik franchise. dan mungkin jika ada perubahan atau terlalu banyak ide akan menyulitkan bagi si penerima franchise.