Halaman

Kamis, 24 Januari 2013

KOMUNIKASI

Komunikasi itu penting bagi setiap makhluk hidup didunia ini. Kenapa? Karena komunikasi itu sendiri adalah hubungan atau interaksi dengan 1 orang atau lebih untuk menyampaikan informasi atau suatu keperluan.

Jenis-jenis komunikasi itu sendiri ada 2 jenis yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal.

Komunikasi Verbal adalah komunikasi yang disampaikan atau dinyatakan dengan bahasa (kata-kata). Dapat itu berupa cerita, pendapat atau fakta yang disampaikan dengan singkat dan jelas, menggunakan intonasi (tekanan suara) agar apa yang disampaikan tepat dan dapat dimengerti.

Sedangkan Komunikasi Non-Verbal adalah komunikasi yang menggunakan isyarat atau bahasa tubuh. Komunikasi Non-Verbal ini bisa berupa ekspresi wajah yang bagaimana orang tersebut dapat berbicara atau mengungkapkan apa yang sedang dirasakan lewat ekspresi wajahnya. Ekspresi wajah itu sendiri dapat mempengaruhi komunikasi seseorang dalam berinteraksi dengan lawan bicara. Karena dari ekspresi wajah itulah lawan bicara dapat menilai apakah kita sedang dalam keadaan baik atau buruk. Selain dari ekspresi wajah Komunikasi Non-Verbal ini juga dapat berupa komunikasi menggunakan isyarat apakah itu berupa mengangkat tangan, menggerakkan kepala dan menggerakkan bahasa tubuh lainnya agar komunikasi atau informasi yang disampaikan lebih jelas, tepat, efektif dan berjalan dengan lancar.