Halaman

Sabtu, 05 Oktober 2013

Telematika

Pengertian Telematika

Telematika merupakan pengadopsian dari bahasa Prancis yaitu “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai pertemuan antara sistem jaringan komunikasi dan teknologi informasi. Para ahli menyebutkan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS”. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).

Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah ICT (Information and Communication Technology) yang berkaitan dengan hal yang menggunakan peralatan telekomunikasi, selain itu istilah telematika secara umum juga digunakan untuk teknologi GPS (Sistem Navigasi) sebagai bagian dari komputer dan teknologi komunikasi mobile. Jika dijelaskan dengan lebih spesifik istilah telematika dipakai pada bidang kendaraan dan lalulintas (Road and vehicle Telematics)

Contoh Produk dan Penerapan dari Telematika :

Contoh produk dan penerapan dari telematika yang akan dibahas disini ialah e-Commerce. e-Commerce merupakan salah satu contoh dari produk telematika yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk bidang perniagaan atau bisnis. e-Commerce merupakan pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. e-Commerce melibatkan transfer dana elektronik, sistem manajamen dan sistem pengumpulan data otomatis. Telematika melihat e-Commerce ini sebagai aplikasi dari penerapan e-Business yang berkaitan dengan transaksi-transaksi elektronik seperti transfer dana elektronik, pemasaran online, transaksi online, perniagaan online. e-Commerce disini tidak hanya sekedar dari perniagaan online tetapi juga dapat mencakup pelayanan nasabah online, lowongan pekerjaan online dan lain sebagainya. Beberapa aplikasi yang diterapkan dalam e-Commerce antara lain ialah Online Shop, Sistem Pembayaran Domestik dan International , Online Banking danmasih banyak lagi.

Kelebihan dan Kekurangan e-Commerce :

Kelebihan :
  • Mencakup layanan penjualan yang lebih luas
  • Memudahkan konsumen dalam berbelanja 
  • Memudahkan penjual dalam memasarkan barang dagangannya
Kekurangan :
  • Tampilan produk kadang tidak jelas
  • Harga yang tertera sudah harga pas dan tidak dapat ditawar
  • Tidak dapat mencoba barang secara langsung
Cara Kerja e-Commerce :

Cara kerja e-Commerce dapat dilihat dari gambar berikut 


cara kerjanya terjadi antara user dengan sistem via elektronik secara langsung seperti yang terlihat pada gambar diatas. 
Sumber :