Halaman

Selasa, 12 Maret 2013

ETIKA BERINTERNET

Internet, banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan internet dan fasilitas internet.
Diantaranya ialah, menulis di dunia maya, mencari teman atau menjaring banyak orang dengan menggunakan social media dari sabang sampai merauke atau pun luar negara, dengan internet pun masyarakat dapat mengerjakan suatu usaha atau bisnis yang menggunakan dunia maya dan masih banyak lagi. Hal-hal tersebut bisa dilakukan dengan cepat, mudah, murah, dan efisien dengan internet. Bisa lewat akun social seperti facebook, twitter, friendster dan lain sebagainya. Bisa juga posting melalui akun blogger, wordpress, website untuk menyampaikan atau menyebar luaskan informasi yang ingin disampaikan kepada khalayak masyarakat bahkan ke seluruh penjuru dunia. 

Walau apa saja dapat dilakukan dengan menggunakan internet, sebebas apapun bentuk pemakaian internet itu sendiri tetap dalam penggunaannya harus memiliki etika-etika berinternet yang baik, sopan, santun, dan benar.

Contoh dalam etika berinternet itu sendiri haruslah menggunakan bahasa yang baik, benar, tidak kasar, tidak memaksa dan yang terpenting adalah jangan menyebar luaskan informasi yang hanya sia-sia. Gunakanlah internet tersebut dengan baik dan benar untuk keperluan yang baik dan bermanfaat bagi siapa saja yang mengaksesnya.

Dalam etika berinternet jangan lah juga jail dengan menyebarkan virus-virus lewat link-link yang bisa merugikan banyak orang. Jangan membajak akun orang lain dan aktifitas lain sebagainya yang merugikan khalayak masyarakat.

Jika dalam menulis atau menyebar luaskan informasi gunakan etika-etika berinternet yang baik dengan bahasa yang mudah dimengerti, dengan sopan juga santun. 

Jika dalan berbisnis atau berdagang dengan menggunakan media internet , gunakanlah etika-etika berinternet dan berbisnis yang baik dan jujur. Tidak menipu orang lain walau melakukan transaksi lewat media online atau internet. Agar siapapun yang melakukan transaksi bisnis dengan Anda melalui media online atau internet dapat senang dan tidak merasa dirugikan.